(RPP) Kelas/ semester : X / 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ semester : X / 1
Pertemuan Ke - : 1 - 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 1. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan fungsi dan proses kerja komputer dan telekomunikasi serta berbagai peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi



I. Indikator
1.Menjelaskan pengertian dari Teknologi Informasi dan Telekomunikasi
2.Mengidentifikasikan perangkat keras yang digunakan untuk Teknologi Informasi beserta fungsinya
3.Mendiskripsikan macam – macam peralatan Teknologi komunikasi beserta fungsinya
4.Mengidentifikasi perkembangan TIK dari jaman ke jaman
5.Mengidentifikasikan elemen siklus pemrosesan informasi


II. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
1. Siswa mengetahui dan mengerti tentang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi
2. Siswa mengetahui fungsi dan dapat mengidentifikasi segala jenis perangkat keras yang digunakan untuk Teknologi Informasi.
3. Siswa mengetahui fungsi dan macam – macam peralatan Teknologi komunikasi
4. Siswa dapat mengetahui perkembangan TIK dari jaman dahulu sampai sekarang
5. Siswa mengetahui dan mengerti tentang elemen siklus pemrosesan informasi
6. Siswa dapat mengetahui perbedaan antara input, proses dan output

III. Materi Ajar:
1.Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
2.Macam – macam dan fungsi perangkat keras yang digunakan dalam Teknologi Informasi
3.Macam – macam dan fungsi perangkat keras yang digunakan dalam Teknologi Komunikasi
4.Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
5.Elemen Siklus Pemrosesan Informasi
6.Perbedaan Input, Proses dan Output
7.Contoh – contoh perangkat Input, Proses dan Output


IV. Metode Pembelajaran:
. Teori, Diskusi, penugasan

V. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Pembukaan
2. Mempersiapkan bahan – bahan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
1.Menjelaskan pengertian dari Teknologi Informasi dan Komunikasi
2.Menjelaskan macam – macam dan fungsi perangkat keras yang digunakan dalam Teknologi Informasi
3.Menjelaskan macam – macam dan fungsi perangkat keras yang digunakan dalam Teknologi Komunikasi
4.Menjelaskan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dari jaman dahulu sampai sekarang
5.Diskusi kelompok untuk saling berinteraksi dan tanya jawab mengenai macam dan fungsi peralatan yang dipakai dan Teknologi Informasi dan Komunikasi
6.Menjelaskan pengertian elemen siklus pemrosesan informasi
7.Menjelaskan perbedaan input, proses dan output
8.Memberikan bentuk contoh perangkat input, proses dan output
9.Diskusi tentang contoh – contoh lain perangkat input, proses dan output

C. Kegiatan akhir
1. Pemberian tugas perorangan
2. Pemberian tugas kelompok
3. Penutup

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
1.Modul TIK
2.Buku Panduan
3.Buku Digital (e-books)
4.Internet

VII. Penilaian :
1. Uraian (individu dan kelompok)
2. Tugas (individu dan Kelompok)

Banjarbaru, ..................................... 2007

Mengetahui :
Kepala SMA Negeri 3 Banjarbaru Guru Mata Pelajaran,




Dra. Purwati Nama
NIP. 131288372 NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ semester : X / 1
Pertemuan Ke - : 3 - 4
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 1. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Dasar : 1.2. Menjelaskan fungsi dan cara kerja Jaringan Telekomunikasi (Wireline, Wireless, modem dan satelitte)



I. Indikator
1. Menjelaskan perbedaan antara jaringan telekomunikasi dengan menggunakan kabel dan nirkabel
2. Menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
3. Menjelaskan fungsi satelite pada jaringan telekomunikasi

II. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
1. Siswa dapat mengetahui pebedaan antara jaringan telekomunikasi dengan menggunakan kabel dan nirkabel
2. Siswa dapat mengetahui segala bentuk topologi jaringan
3. Siswa dapat mengerti cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
4. Siswa dapat mengetahui fungsi satelite pada jaringan telekomunikasi

III. Materi Ajar:
1. Jaringan kabel dan nirkabel
2. Kelebihan dan kekurangan jaringan kabel dan nirkabel
3. Modem dan cara kerjanya pada jaringan telekomunikasi
4. Satelitte dan fungsinya pada jaringan telekomunikasi

IV. Metode Pembelajaran:
. Teori, Diskusi, penugasan

V. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Pembukaan
2. Mempersiapkan bahan – bahan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
1. Menjelaskan pengertian jaringan telekomunikasi dengan kabel dan nirkabel
2. Menjelaskan tentang bentuk – bentuk topologi jaringan telekomunikasi
3. Menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan masing – masing topologi jaringan
4. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan jaringan telekomunikasi dengan kabel dan nirkabel
5. Menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
6. Menjelaskan fungsi satelite pada jaringan telekomunikasi

C. Kegiatan akhir
1. Pemberian tugas kelompok
2. Penutup

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
1. Modul TIK
2. Buku Panduan
3. Buku Digital (e-books)
4. Internet

VII. Penilaian :
1. Uraian (individu dan kelompok)
2. Tugas (individu dan Kelompok)

Banjarbaru, ..................................... 2007

Mengetahui :
Kepala SMA Negeri 3 Banjarbaru Guru Mata Pelajaran,




Dra. Purwati Nama
NIP. 131288372 NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ semester : X / 1
Pertemuan Ke - : 5
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 1. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi Teknologi Informasi dan Komputer



I. Indikator
1. Mengedintifikasikan perangkat lunak yang digunakan untuk Teknologi Informasi dan Komunikasi
2. Mengedintifikasikan perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi komunikasi beserta fungsinya
3. Mendemonstrasikan penggunaan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk memperoleh informasi

II. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
1. Siswa dapat mengetahui perangkat lunak yang digunakan dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi
2. Siswa mampu dan dapat mengedintifikasikan perangkat lunak yang digunakan dalam Teknologi Komunikasi beserta dengan fungsinya
3. Siswa dapat mengetahui penggunaan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk memperoleh dan membuat informasi.

III. Materi Ajar:
1. Perangkat lunak Teknologi Informasi dan fungsinya
2. Perangkat lunak Teknologi Komunikasi dan fungsinya
3. Manfaat perangkat lunak dalam memperoleh informasi
4. Sekilas contoh perangkat lunak untuk memperoleh informasi

IV. Metode Pembelajaran:
. Teori, Diskusi, penugasan

V. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Pembukaan
2. Mempersiapkan bahan – bahan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
1. Menjelaskan pengertian tentang perangkat lunak untuk teknologi informasi
2. Menjelaskan pengertian tentang perangkat lunak untuk teknologi telekomunikasi
3. Menjelaskan tentang manfaat perangkat lunak dalam memperoleh informasi
4. Memberikan sebagian kecil contoh perangkat lunak untuk memperoleh informasi

C. Kegiatan akhir
1. Pemberian tugas kelompok
2. Penutup

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
1. Modul TIK
2. Buku Panduan
3. Buku Digital (e-books)
4. Internet

VII. Penilaian :
1. Uraian (individu dan kelompok)
2. Tugas (individu dan Kelompok)

Banjarbaru, ..................................... 2007

Mengetahui :
Kepala SMA Negeri 3 Banjarbaru Guru Mata Pelajaran,




Dra. Purwati Nama
NIP. 131288372 NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ semester : X / 1
Pertemuan Ke - : 6 - 8
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit ( 3 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 2. Memahami ketentuan Penggunaan Teknologi dan Komunikasi
Kompetensi Dasar : 2.1. Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak Teknologi Informasi dan Komunikasi



I. Indikator
1. Menjelaskan tentang aturan – aturan Hak Cipta
2. Menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta
3. Menjelaskan jenis pelanggaran hak cipta
4. Menerapkan aturan – aturan hak cipta yang berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi

II. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
1. Siswa dapat mengetahui tentang aturan – aturan hak cipta
2. Siswa dapat mengetahui tentang dampak – dampak yang terjadi atas pelanggaran hak cipta
3. Siswa dapat mengetahui bentuk – bentuk pelanggaran terhadap hak cipta
4. Siswa dapat menerapkan aturan – aturan hak cipta yang berkaitan dengan TIK

III. Materi Ajar :
1. Aturan – aturan hak cipta
2. Dampak pelanggaran terhadap hak cipta
3. Jenis – jenis pelanggaran hak cipta
4. Cara penerapan aturan – aturan hak cipta yang berkaitan dengan TIK

IV. Metode Pembelajaran:
. Teori, Diskusi, penugasan

V. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Pembukaan
2. Mempersiapkan bahan – bahan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
1. Menjelaskan pengertian tentang aturan – aturan hak cipta
2. Menjelaskan tentang dampak pelanggaran terhadap hak cipta
3. Menjelaskan tentang jenis – jenis pelanggaran hak cipta
4. Menjelaskan tentang cara penerapan aturan – aturan hak cipta yang berkaitan dengan TIK
5. Diskusi tentang bentuk pelanggaran yang lain dan sanksinya terhadap hak cipta

C. Kegiatan akhir
1. Pemberian tugas kelompok
2. Penutup

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
1. Modul TIK
2. Buku Panduan
3. Buku Digital (e-books)
4. Internet

VII. Penilaian :
1. Uraian (individu dan kelompok)
2. Tugas (individu dan Kelompok)


Banjarbaru, ..................................... 2007

Mengetahui :
Kepala SMA Negeri 3 Banjarbaru Guru Mata Pelajaran,




Dra. Purwati Nama
NIP. 131288372 NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/ semester : X / 2
Pertemuan Ke - : 9 - 10
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 2. Memahami ketentuan Penggunaan Teknologi dan Komunikasi
Kompetensi Dasar : 2.2. Menerapkan prinsip prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK



I. Indikator
1. Mengetahui prinsip – prinsip kesehatan

II. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
1. Siswa dapat mengetahui tentang aturan – aturan hak cipta
2. Siswa dapat mengetahui tentang dampak – dampak yang terjadi atas pelanggaran hak cipta
3. Siswa dapat mengetahui bentuk – bentuk pelanggaran terhadap hak cipta
4. Siswa dapat menerapkan aturan – aturan hak cipta yang berkaitan dengan TIK

III. Materi Ajar :
1. Aturan – aturan hak cipta
2. Dampak pelanggaran terhadap hak cipta
3. Jenis – jenis pelanggaran hak cipta
4. Cara penerapan aturan – aturan hak cipta yang berkaitan dengan TIK

IV. Metode Pembelajaran:
. Teori, Diskusi, penugasan

V. Langkah-langkah pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
1. Pembukaan
2. Mempersiapkan bahan – bahan pembelajaran

B. Kegiatan Inti
1. Menjelaskan pengertian tentang aturan – aturan hak cipta
2. Menjelaskan tentang dampak pelanggaran terhadap hak cipta
3. Menjelaskan tentang jenis – jenis pelanggaran hak cipta
4. Menjelaskan tentang cara penerapan aturan – aturan hak cipta yang berkaitan dengan TIK
5. Diskusi tentang bentuk pelanggaran yang lain dan sanksinya terhadap hak cipta

C. Kegiatan akhir
1. Pemberian tugas kelompok
2. Penutup

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
1. Modul TIK
2. Buku Panduan
3. Buku Digital (e-books)
4. Internet

VII. Penilaian :
1. Uraian (individu dan kelompok)
2. Tugas (individu dan Kelompok)


Banjarbaru, ..................................... 2007

Mengetahui :
Kepala SMA Negeri 3 Banjarbaru Guru Mata Pelajaran,




Dra. Purwati Nama
NIP. 131288372 NIP

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com